Perbandingan Sablon DTG Dan Sablon Manual, Mana Yang Lebih Baik?

Perbandingan sablon dtg dan sablon manual

Perbandingan Sablon DTG Dan Sablon Manual, Mana Yang Lebih Baik? Mungkin itu yang sering dipertanyakan para customer ketika ingin membeli kaos custom satuan, dimana customer bisa memesan kaos dengan desain sendiri. Tak hanya para customer yang mempertanyakan kualitas antara sablon DTG dan sablon manual, tetapi para pelaku bisnisnya pun terus mempertimbangkan hal tersebut.

Sablon manual sendiri adalah teknik memberikan pencitraan baik berupa gambar atau teks dan lainnya pada media tekstil. Sama halnya dengan dengan sablon DTG, yang membedakan hanyalah alat yang digunakan. Untuk sablon manual seseorang menggunakan alat-alat sablon seperti screen (untuk mencetak gambar), rakel, meja sablon, lampu afdruk, dan tinta sablon seperti GL atau TW. Sedangkan sablon DTG menggunakan alat berupa mesin DTG printing yang secara langsung mencetak gambar pada tekstil. Tinta yang digunakan pun berupa tinta tekstil khusus.

Terdapat kelebihan dan kekurangan dari kedua teknik Sablon DTG Dan Sablon Manual tersebut. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan  Sablon DTG Dan Sablon Manual :
kelebihan Sablon DTG
  1. Dapat mencetak desain kompleks dengan sangat rapih dan presisi.
  2. Proses pengerjaan sederhana dan mudah.
  3. Bisa mencetak banyak desain gambar tanpa harus membuat screen untuk setiap desain.
  4. kuat dan Tahan lama.
kelebihan Sablon Manual
  1. Hasil cetak sangat kuat dan tahan lama lebih dari sablon DTG.
  2. Jika produksi dengan jumlah besar sablon manual menjadi lebih cepat proses pengerjaannya.
  3. Tinta sablon mudah didapatkan.
Kekurangan Sablon DTG
  1. Hasil cetak tidak sekuat sablon manual walaupun tetap sangat layak.
  2. Jika produksi masal akan sangat lama karena satu kali cetak bisa memakan waktu 15-20 menit.
  3. Tinta tekstil susah didapatkan dan harganya mahal.
Kekurangan Sablon Manual
  1. Sukar untuk mencetak desain kompleks (warna gradasi dan banyak warna) seperti foto.
  2. Proses pengerjaan satu desain perlu mencetak beberapa screen sesuai jumlah warna. Bisa sampai belasan screen untuk satu desain gambar yang akan dicetak.
  3. Jika banyak desain yang ingin dicetak akan memerlukan biaya besar dan waktu yang lama.

Lalu mana yang lebih baik antara sablon DTG dan sablon manual? Dengan sangat jelas keduanya sama, itu semua tergantung kebutuhan kita. Jika kamu ingin mencetak kaos custom yang hanya satu dua kaos dengan desaim gambar kompleks kamu bisa menggunakan sablon DTG, sedangkan jika kamu ingin mencetak masal dengan jumlah banyak bisa menggunakan sablon manual.

PinsQy menyediakan keduanya ! Kamu bisa memesan kaos dengan desainmu sendiri dan kamu bisa memilih teknik sablon DTG atau sablon manual yang akan digunakan. Dan pastinya bisa satuan. Untuk kamu yang ingin bekerja sama dengan kami pun bisa. Apakah mau menjadi reseller atau dropshiper. Klik di sini

Bahan kaos yang kami gunakan adalah Cotton Combed 30s yang terkenal adem, halus dan menyerap keringat. Kaos dengan bahan Cotton Combed 30s biasa digunakan untuk distro-distro besar ternama.

Contoh produk PinsQy

perbandingan sablon dtg dan sablon manualperbandingan sablon dtg dan sablon manual

Instagram : @pinsqy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *