Kenapa Bandung dijuluki Paris Van Java

Kenapa Bandung dijuluki Paris Van Java? Ibu kota Jawa Barat ini memang memiliki magnet tersendiri bagi para masyarakat Indonesia yang ingin berekreasi atau menghabiskan waktu liburnya untuk bertamasya. Kota yang juga mendapat julukan kota kembang karena konon gadis-gadisnya yang terkenal cantik-cantik mempunyai segudang tempat menarik yang dapat dikunjungi. Mulai dari wisata kuliner, wisata alam, budaya, politik serta pendidikan tersedia di kota yang dikenal sebagai Paris Van Java. Dari wisata kuliner, Bandung menyediakan berbagai pilihan resto dengan berbagai tema unik yang menambah daya tarik dan minat wisatawan untuk menyambanginya. Berbagai wisata alam pun tersedia bagi yang ingin merasakan suasana alam sejuk yang dimiliki kota Bandung. Tak kalah dengan wisata kuliner dan alamnya, Bandung juga mempunyai banyak perguruan tinggi terkemuka. ITB yang juga pernah bernama Technische Hoogeschool Bandoeng, menjadi universitas teknik pertama yang ada di Indonesia pada zaman Hindia Belanda berlokasikan di kota Bandung.

Julukan Paris Van Java sendiri pertama kali muncul pada masa colonial Belanda tahun 1920. Pada masa itu banyak warga Eropa yang bermukim di kota Bandung. Ketika itu, Bursa Tahunan dimeriahkan oleh banyak pentas teater sandiwara dan tempat pajangan model pakaian yang terkenal di Paris. Hal ini menjadikan Bandung dipandang sebagai imitasi kota Paris di Perancis oleh banyak warga Eropa. Bahkan hingga kini, banyak took-toko dan butik di kota Bandung yang menawarkan mode-mode yang berasal dari Paris.

Namun saat ini pemaknaan dari Paris Van Java pun mulai bergeser. Bandung disebut pusat atau kiblat fashion yang ada di Indonesia. Memang hal tersebut dibenarkan melihat realita bahwa Bandung mempunyai banyak para pengusaha di bidang fashion. Namun dilihat dari sejarahknya Paris Van Java sendiri adalah julukan yang diberikan warga Eropa karena suatu kondisi sosial dan tren pada masa itu.

Terlepas dari terminologi tersebut, Bandung saat ini memang menjelma menjadi kota yang mempengaruhi fashion di Nusantara. Banyak pengrajin maupun kreator yang berkarya dan berbisnis pada dunia fashion di Bandung. PinsQy salah satunya, merupakan kreator pada dunia fashion yang memberikan warna baru pada fashion nusantara dengan konsepnya yang modern dan unik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *